Magang di Bank Indonesia

  • September 03, 2017
  • By Husriatun Putri
  • 0 Comments



(Photo Magang di BI 2016)


Persiapan syarat tertulis
            Berdasarkan Infomasi yang saya terima dari beberapa orang yang pernah magang di Bank Indonesia, syarat utama magang di Bank Indonesia (BI) adalah memiliki surat pengantar magang dari kampus serta surat lamaran magang yang ditujukan untuk BI.
            Hari Sabtu. Waktu itu, saya datang ke kampus bagian TU (tata usaha) untuk membuat surat pengantar magang. Ternyata, bagian TU tidak bisa mengeluarkan surat pengantar karena beberapa alasan. Tetapi, memang ada lembaga khusus di kampus yang menangangi anak anak magang, namun menggunakan biaya, saya agak keberatan untuk menggunakan jasa lembaga tersebut, dan persyaratnya adalah menggunakan proposal tentang kegiatan yang akan dilakukan selama magang di instansi terkait.  Alternatif lain yang bisa dimanfaatkan  yakni menggunakan surat keterangan aktif kuliah yang menyatakan bahwa saya mahasiswa aktif ingin magang di BI dari TU. Kalau membandingkan jalur mana yang lebih menguntungkan antara melalui TU dan lembaga yang tersedia, keduanya memiliki sisi keuntungan tersendiri.
            Persyaratan selanjutnya adalah membuat surat lamaran magang. Surat lamaran magang, bikin sendiri aja, untuk contoh surat lamaran magang bisa dilihat contohnya di internet atau hubungi saya lansung di Husriatunputri@gmail.com. Berhubung waktu itu, saya berada di Jogja dan ingin magang di BI NTB. Maka saya menggunakan jasa pos untuk mengirim lamarannya. Terlebih dahulu saya masuk ke website BI untuk mencari alamat kantor BI NTB.
            Setelah selesai mengirim, saya menunggu selama dua minggu untuk mendapat kepastian diterima atau ditolak. Kebetulan waktu itu saya berada diluar negeri tepatnya di Malaysia, Singapura dan Thailand dalam rangka kuliah kunjungan lapangan. Sehingga tidak terlalu menjadi beban pikiran. Setelah urusan diluar negeri selesai, saya kembali ke Indonesia. Tiga hari setelahnya, saya dipanggil ke ruang dekan, saya menerima surat balasan lamaran magang saya bahwa saya yang  mengajukan magang di BI selama dua bulan telah di ACC.
Cukup melegakan, waktu itu…

Pengalaman Magang di BI
            Jam masuk kantor di BI pukul 7.40. Sebelum masuk  keruangan semua staff berkumpul di gedung serbaguna. Runtutan kegiatan yang dilakukan adalah pembukaan, saya akan menamainya seuntai kalimat motivasi, ajakan atau cerita inspriratif yang disampaikan oleh kariawan yang bertugas hari itu, selanjutnya pengumuman (kalau ada) dan penutup. Oh ya, terkait seragam yang bisa di gunakan adalah hari senin, selasa, anak anak magang menggunakan Jilbab hitam, kemeja putih, rok hitam dan sepatu hitam dan  kamis, jumat menggunakan baju batik.
            Hari pertama masuk sebagai anak magang, saya harus memperkenalkan diri di depan semua staff, rasa nervous tetap ada. Namun sebisa mungkin saya berusaha membuatnya tidak terlihat. Lalu, setelahnya ada sesi wawancara terkait tujuan magang dan tentang BI dari mentor yang akan menjadi pembimbing selama menjadi anak magang di BI.
            Pada hari kedua, aku mulai  menanyakan role pekerjaan yang kira kira bisa saya kerjakan serta menunjang pengatahuan baik yang berkaitan dengan jurusan ataupun diluar jurusan. Saya tidak mau menyianyiakan kesempatan selama berada disana, apa yang bisa dan mampu saya pelajari saya lakukan.
Talk about my job at BI,. Ada banyak sekali pilihan bidang yang tersedia di BI. Kala itu  saya ditempatkan dibeberapa bidang saja, terkait dengan usia semester masih terbilang muda (Semester IV) dan juga jurusan kuliah (Ilmu Ekonomi). Saya ditempatkan di bidang yang bergerak di bidang UMKM dan bidang analisis tentang inflasi.
            Selama dua bulan magang di BI, tidak semua yang ada di dalam kantor itu berhubungan dengan akademis, ada hal hal yang diluar akademis juga merupakan bagian penting ketika kita dalam suatu instansi. Saya tidak bisa hanya mengerjakan atau mengambil job yang hanya berkaitan dengan jurusan, tetapi selama ia memberikan manfaat dan membantu saya melakukanya karena sejatinya selain ingin capai tujuan yang juga ingin memberikan kontribusi selama disana.
            Selama magang, jelas saya juga mulai akrab dengan beberapa orang yang ada di BI NTB dan itu membuat saya menjadi semakin semangat untuk belajar, satu demi satu orang orang yang disana mulai saya kenal dengan baik. Mereka memberikan informasi, tentunya berguna bagi diri saya. Pengalaman paling menarik juga yang tidak bisa saya lupakan selama disana adalah ketika saya melakukan penelitian saya dengan menggunakan data primer dan terjun lapangan. Penelitian yang saya lakukan tersebut sebagai bahan laporan magang. Kala itu judul penelitian saya berkaitan dengan pasar, sehingga data itu harus saya dapatkan dengan menggunakan kuesioner  di beberapa pasar di Mataram.

            Saya merasa sangat kesulitan, karena saya harus mempelajari  metode penelitian yang cocok untuk kasus yang saya ambil secara otodidak, karena di kampus  sendiri belum mendapatkan mata kuliah tersebut. juga berkat bantuan para mentor akhirnya saya dapat menyelesaikanya.


Hal lain yang sangat berkesan bagi saya adalah, ketika mendapatkan penghargaan (semacem hadiah) dari untaian kalimat, biasanya setiap minggu akan di undi penyapai untaian kalimat terbaik lalu pemenangnya akan mendapatkan hadiah.  hari itu saya berbicara tentang kedisiplinan waktu di negara Jepang. Saya masih mengingatnya salah satu petingginya mengatakan bahwa mereka terapresiasi oleh cerita yang saya sampaikan.
Terimakasih atas semua pengalamanya kepada orang orang yang berperan penting selama jalanya magang saya ini dan juga pembimbing saya selama saya disana serta orang orang disekitar juga yang selalu memberikan dukungan.


You Might Also Like

0 komentar